Sabtu, 17 November 2012

Instalasi Ubuntu Linux Ultimate Edition Dual Boot Dengan Windows 7

Sebelumya Anda harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal Ubuntu bersama windowsnya. Karena kebanyakan pada instalasi Windows, menempati seluruh hard disk.

1.  Hal nomer satu yang harus saya lakukan sebelum menginstal Dual Boot Ubuntu Linux Ultimate Edition Dan Windows 7 di Satu Komputer adalah mengecilkan partisi dan membuat/menyediakan ruang kosong untuk instalasi Ubuntunya. Serta, Hal lain yang harus di lakukan adalah mem-backup data penting saya sebelum memulai proses, tujuannya bila ada error, data- data saya tidak hilang.

2.  Klik 'Start' -> lalu klik kanan 'Computer' dan pilih'Manage'

         
3.  Selanjutnya, 'Disk Management' pilih dan klik kanan pada disk lokal (C lalu klik "Shrink Volume'

         
 4.  Sebagai contoh saya membuat ruang kosong/space Ubuntu dengan kapasitas 8156 MB lebih besar lagi juag tidak mengapa, ruang kosong ini saya ambil dari besar kapasitas pada (Local disk :C). Jika sudah selesai menentukan besar ruang kosong untuk Ubuntunya, lalu Klik 'Shrink'.

         
 5.  Setelah mengecilkan drive dan membuat ruang kosong untuk Ubuntunya, restart komputer Anda, pastikan bahwa CD / DVD/USB Ubuntu sudah di masukkan ke dalam CD/DVD Room/ Port USB komputer anda. Jangan lupa juga setting boot dari CD / DVD/USB Flaskdisk.

         
 6.  Selanjutnya, pilih "Something Else" dan klik 'Continue' .