Minggu, 21 Oktober 2012

Orang-Orang Yang Berpengaruh Dalam Sistem Operasi

Dunia Teknologi Informasi pastinya memiliki orang-orang yang sangat berperan dalam sejarah perkembangan dunia Teknologi Informasi saat ini. Karena dengan adanya mereka, kita bisa menikmati hasil karya yang begitu menakjubkan yang kini dikenal oleh seluruh dunia. Bahkan saat ini dunia IT sangat berpengaruh dalam kehidupan. Seperti halnya laptop, smartphone, Tablet PC atau sejenisnya.Maha karya inilah yang bisa dijadikan bukti perkembangan IT saat ini.

Namun semuanya itu membutuhkan sesuatu yang namanya Sistem Operasi,tanpa Sistem Operasi semuanya tak ada gunanya.Untuk itu saya ingin mengulas sedikit tentang mereka-mereka yang sudah berhasil dan berjasa.Bukan nama besar yang mempengaruhi, tapi kreasi dan inovasi-inovasi mereka .Untuk lebih jelasnya , kita harus mengetahui siapa saja orang-orang yang
turut mengembangkan dunia IT hingga saat ini. Mari kita simak sama-sama siapakah orang-orang tersebut :

1. Bill Gates
 
William Henry “Bill” Gates (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 56 tahun) adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Selama karirnya di Microsoft, Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan masih menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8 persen saham umum perusahaan.

Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Microsoft Windows pada 20 November 1985, dan pada bulan Agustus, perusahaan ini mencapai persetujuan dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi terpisah bernama OS/2. Meski kedua perusahaan ini berhasil mengembangkan versi pertama dari sistem ini, perbedaan kreativitas merusak kerjasama ini. Gates mengeluarkan memo internal pada 16 Mei 1991 yang mengumumkan bahwa kerjasama OS/2 berakhir dan Microsoft mengalihkan operasinya ke pengembangan kernel Windows NT.

2. Steve Jobs
 
Steven Paul “Steve” Jobs (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 – meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun) adalah seorang tokoh bisnis dan penemu Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc.  Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995. 

Tahun 2001 – Di bawah kendali penuh Steve Jobs, Apple membuat Apple Store pertama nya, merilis iPod dan iTunes, serta mengubah ulang OS Macintosh dengan memulai era dari OS X. Studio film Pixar merilis film Monsters Inc, yang menuai banyak sukses seperti biasa.
2011 – Apple merilis iPad 2 dengan smart covers yakni cover magentik untuk menutupi bagian depan dari iPad 2. iPhone 4 CDMA dirilis (versi Verizon) dan tidak ada iPhone baru pada WWDC. Versi baru Mac Mini MacBook Air dirilis, tidak lama berselang Mac OS X 10.7 Lion juga dikeluarkan Apple.

3. Linus Torvalds 

Linus Benedict Torvalds (lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969; umur 40 tahun) adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembanganKernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.  Linux terinsipirasi oleh Minix (suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan suatu sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada suatu PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.
     
Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet di tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai milyaran dolar di kemudian hari. Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.

4. Andrew Rubin (Android OS)

Andrew Rubin adalah pelopor teknologi sebuah open source sistem operasi untuk smartphone yang sangat popular saat ini. Ya Android OS. Rubin adalah pengembang system operasi ini yang di bawahi Google. Beliau juga pendiri dan mantan CEO dari Danger Inc dan Android Inc.

 

5. Steve Wozniak

Stephen Wozniak Gary atau dikenal dengan Steve Wozniak adalah insinyur komputer dan pemrogram, beliau adalah salah satu pendiri Apple Computer, Co (sekarang Apple Inc ) dengan Steve Jobs dan dengan Ronald Wayne.

6. Richard Page

Richard Page adalah Presiden dan Pendiri dari Sierra Riset dan Teknologi. Beliau berperan pentingdalam perkembangan Macintosh dan berperan penting dalam desain awal Apple Lisa.

7. Sundar Pichai (Chrome OS)

Sundar Pichai adalah seorang orang India berwarga Negara Amerika dan seorang insinyur komputer , yang telah merancang dan membangun Chrome OS. Sebuah poject program di bawah Google Inc.

8. Tim Paterson (MS-DOS) 

Tim Paterson adalah orang yang paling dikenal sebagai penulis asli dari MS-DOS , sistem operasi komputer pribadi yang paling banyak digunakan pada 1980-an. Dan menjadi awal perkembangan technologi system operasi pada micrsoft.   

9. Wayne Rosing

Wayne Rosing merupakan pemain kunci dalam berbagai proyek di Apple inc. dia memimpin proyek apple Lisa, sebuah proyek yang menjadi cikal bakal Macintosh.

10. Bill Atkinson

Bill Atkinson adalah bagian dari Apple Macintosh dan berpengaruh dalam pengembangan Machintosh, beliau juga adalah pencipta dari MacPaint aplikasi pada machintosh.

11. Brad Silverberg

Brad Silverberg paling terkenal karena karyanya di Microsoft pada 1990-1999 untuk kepemimpinannya dalam pengembangan Windows 95.

12. Jef Raskin
 
Jef Raskin adalah orang Amerika ahli dalam antarmuka manusia-komputer dan orang yang berpengaruh dalam memulai Macintosh proyek untuk Apple pada akhir tahun 1970.

13. John Couch

John Couch yang saat ini menjabat Wakil Presiden Pendidikan untuk Apple Computer merupakan pengembang Macintosh di apple inc.
 
14. Jordan Hubbard
Jordan K. Hubbard adalah orang yang telah membangun da mengembangkan FreeBSD. memulai proyek FreeBSD pada tahun 1993 dengan Nate Williams dan Rodney W. Grimes.dan kemudian bergabung dengan Apple Computer dalam peran manajer kelompok teknologi BSD dan menjadi Direktur Teknik Technologies Unix di Apple.
15. Keith Bostic (BSD OS)
Keith Bostic adalah salah satu arsitek utama dari 4.4BSD Berkeley dan 4.4BSD-Lite release. Ia juga memimpin usaha di CSRG untuk membuat perangkat lunak bebas versi BSD UNIX , yang membantu memungkinkan penciptaan FreeBSD , NetBSD dan OpenBSD .beliau juga merupakan pendiri Berkeley Software Design Inc. yang menghasilkan BSD / OS.   

16. Larry Tesler 

Larry (Lawrence Gordon) Tesler merupakan ilmuwan komputer yang bekerja di bidang interaksi manusia-komputer di Apple.inc yang berpengaruh dalam pengembangan OS pada Apple II, seri pengganti dari apple lisa, yang merupakan cikal bakal perkembangan macintosh.

17. Paul Allen

Paul Allen bersama dengan Bill Gates berhasil membangun sistem operasi komputer MS-DOS, yang menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft.
18. Onno W. Purbo

Onno Widodo Purbo adalah seorang tokoh yang lebih dikenal sebagai pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia. Banyak gagasan yang di buat, salah satu yang terkenal adalah RT/RW-net. Beliau juga dikenal sebagai bapak Open Source Indonesia dan salah satu pegembang OS berbasis Linux.

19. Bertrand Serlet

 Bertrand Serlet adalah seorang tokoh penting di Apple dalam pengembangan platform Mac Os. ikut serta berperan dalam kelahiran Mac mulai dari pengembangan sampai pembuatan.

20. Drew Mayor

Drew mayor adalah salah satu pendiri dari Novell dan arsitek yang memimpin dan pengembang sistem operasi NetWare selama lebih dari 15 tahun. Sebuah OS khusus untuk melayani jaringan.

Wah tentunya mungkin masih banyak lagi orang-oarang yang berpengaruh dalam Sistem Operasi,mungkin postingan saya ini hanyalah sedikit dari apa yang sesungguhnya .Tentunya tidak ada salahnya untuk kita bisa tau semuanya.Oh ya dalam postingan saya kali ini saya tidak menyertakan photo dari profil mereka-mereka mungkin kalian bisa browsing sendiri untuk menemukanya.Sorry yah postingan saya sangat sederhana mudah-mudahan bisa sedikit membantu bagi para pembacanya.Ok Tanks.    

1 komentar: