Jumat, 05 Oktober 2012

CTTS,MULTICS DAN UNIX

1. CTSS (Compatible Time Sharing System)
  
CTSS (Compatible Time Sharing System) adalah Suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Diawali oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System).

CTSS adalah salah satu percobaan awal dalam desain interaktif time-sharing sistem operasi . CTSS adalah nenek moyang Multics , Unix , dan ITS
Salah satu penggunaan time sharing system ini dapat dilihat dalam pemakaian suatu teller terminal pada suatu bank. Bilamana seorang nasabah datang ke bank tersebut untuk menyimpan uang atau mengambil uang, maka buku tabungannya ditempatkan pada terminal. 
Dan oleh operator pada terminal tersebut dicatat melalui papan ketik (keyboard), kemudian data tersebut dikirim secara langsung ke pusat komputer, memprosesnya, menghitung jumlah uang seperti yang dikehendaki, dan mencetaknya pada buku tabungan tersebut untuk transaksi yang baru saja dilakukan.


2. MULTICS (Multiplexed Information and Computing System)

  

MULTICS (Multiplexed Information and Computing System) adalah OS pertama yang menggunakan sistem file hirarki, dan salah satu sistem operasi pertama yang menggunakan praktek sekarang-standar per-proses tumpukan di kernel. 
Multics juga salah satu sistem komputer pertama yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (PL / I), dan mungkin sistem yang pertama untuk menekankan built-in keamanan komputer. Penggemar Multics juga mencatat perannya dalam perkembangan selanjutnya dari UNIX dan Linux.

Multics digunakan pada tahun 1965 sampai tahun 2000. Multics digunakan sebagai sebuah proyek penelitian dan pengaruh penting pada perkembangan sistem operasi. Sistem ini menjadi produk komersial yang dijual oleh Honeywell untuk pendidikan, pemerintah industri, dll.


3. Sistem Operasi Berbasis UNIX
 
 
Unix adalah nama sebuah sistem operasi yang asal mulanya dikembangkan pada laboratorium Bell, AT & T (Ken Thompson).
Unix bertugas mengendalikan piranti pendukung komputer serta kegiatan komputer
Beberapa sifat dan keistimewaan Unix :
1. Multiuser, sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaa
2. Multitasking, kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang dapat   melaksanakan tugas pada saat bersamaan

3.
Portabilitas, sistem Unix mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain

4. Sistem file Hirarkikal, memungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses

Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar