Jumat, 05 Oktober 2012

Apa Sih Teknologi Batch System FMS dan IBSYS..??

Batch System itu sendiri adalah system operasi pertama yang digunakan pada komputer generasi ke-2,system batch ini mengerjakan job dalam satu rangkaian dilakukan secara berurutan. batch system ini belum sepenuhnya system operasi tetapi didalam system ini sudah memiliki fungsi-fungsi system operasi yaitu FMS(fortran monitor system)dan IBSYS.

 

1.  Batch System FMS ( Fortran Monitor System )

  

Fortran Monitor System ( FMS ) adalah sebuah program perangkat lunak yang dibuat oleh Apple untuk melihat dan memantau tugas pengkodean pada komputer tunggal atau ganda.  Sebelum IBSYS, IBM yang diproduksi untuk IBM 7090 tape komputer berbasis sistem operasi yang tujuan utamanya adalah untuk FORTRAN  program - pada kenyataannya FMS dan compiler FORTRAN yang pada tape yang sama. FORTRAN adalah tingkat tinggi pertama bahasa pemrograman dan compiler mengoptimalkan berkualitas tinggi pertama.

FMS ( Fortan Monitor System )   adalah sebuah sistem yang cukup ringan tapi masih sangat efektif dioptimalkan untuk batch FORTRAN dan pemrograman  Assembler yang sudah ada seperti , FAP ( Fortran Assembly Program  ), agak kurang lengkap dari MAP, tetapi memberikan kemampuan yang sangat baik untuk zaman tersebut.  FMS juga merupakan turunan yang dikembangkan  dari kompiler FORTRAN awalnya ditulis untuk 704 oleh Backus dan timnya.

 

2.  Batch System  IBSYS


IBSYS adalah model basis sistem operasi  yang di luncurkan  IBM yang dugunakan pada komputer  IBM 7090 dan IBM 7094 . IBM sebelumnya juga membuat sistem operasi  yang mirip ( dengan beberapa perbedaan yang signifikan), juga disebut IBSYS, yang digunakn pada komputer IBM 7040 dan IBM 7044, IBSYS sendiri dibuat berdasarkan  pada FORTRAN.
Monitor System (FMS) dan SHARE Operating system, IBSYS sendiri benar-benar program monitor dasar, tapi sudah mempunyai control card images yang sangat berguna untuk kinerja sebuah monitor,yaitu membaca gambar kartu pada deck kartu program dan data pekerjaan individu,gambar kartu deck ini dibaca dari kaset magnetic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar